Rabu (18/8/21), Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) menggelar acara Pelepasan Mahasiswa Peraih Program Beasiswa “Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2021. Acara ini diselenggarakan secara hybrid pada pukul 11.00 WIB yang dihadiri langsung oleh Rektor Itenas, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Kepala Bagian Kerja Sama dan Urusan Internasional, dan Perwakilan Mahasiswa Peraih Program Beasiswa IISMA 2021, serta para tamu undangan yang mengikuti acara ini secara online.

Acara dibuka langsung oleh Rektor Itenas Bandung, Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. Dalam sambutannya, Prof. Meilinda mengatakan bahwa Itenas sebelumnya sering mengikuti program kredit transfer mahasiswa yang biasanya diikuti oleh 5-6 mahasiswa dengan tujuan Perguruan Tingginya adalah Szent Istvan University.

“Pada tahun ini Dikti sejalan dengan program MBKM, keikutsertaannya setiap Perguruan Tinggi diubah modelnya, dimana Itenas dari sekitar sekitar 23 orang yang mengikuti program ini, 4 sudah terpilih dan siap berangkat ke Negara tujuannya, yaitu: Ahmad Fauzan Iskandar dari Prodi Teknik Mesin dengan universitas tujuan University of Strathclyde, Inggris; Nada Zachrani Putri dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota dengan universitas tujuan University of Sussex, Inggris; Nyimas Nelis Siti Maya Sriwenda dengan universitas tujuan Yonsei University, korea Selatan; dan Hubert Fernaldy dengan universitas tujuan Hochschule Hannover, Jerman”, tutur Prof. Meilinda.

Selanjutnya Prof. Meilinda menyampaikan bahwa Itenas sangat bersyukur karena 2 dosennya terpilih menjadi reviewer pada Program IISMA 2021 ini, yaitu Dr. Dani Rusirawan, Ph.D. yang merupakan dosen Prodi Teknik Mesin dan Dr. Eng. Dyah Asri Handayani, dosen Prodi Teknik Lingkungan.

“Hal ini merupakan pretasi luar biasa bahwa Itenas Bandung memiliki 2 dosen yang dipilih oleh Dikti sebagai reviewer dalam kegiatan ini” ucap Prof. Meilinda.

Proses seleksi yang dilakukan oleh Dikti ketat sekali, sehingga keempat mahasiswa yang terpilih ini tentunya sangat membanggakan Itenas karena kurang lebih enam bulan mereka menjadi duta Itenas Bandung dan tentunya Indonesia.

Prof. Meilinda berpesan kepada keempat mahasiswa tersebut untuk tetap menjaga nama baik Itenas, Indonesia, dan teruslah berkarya.

“Keempat mahasiswa ini merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan se-Indonesia, jadi suatu penghargaan tidak hanya dari Itenas saja tapi dari Negara Indonesia juga, karena tidak semua mahasiswa dapat mengikuti program seperti ini”, tambah Prof. Meilinda.

“Saya ucapkan selamat jalan, semoga sehat dan sukses selalu”, pungkasnya

Pada kesempatan yang sama, Nada Zachrani Putri sebagai perwakilan mahasiswa IISMA 2021 yang hadir langsung di acara ini, menyampaikan terima kasih kepada Itenas yang telah memberikan dukungan penuh sehingga dirinya lolos dan meraih program beasiswa ini.

“Banyak banget dukungan dari Itenas salah satunya mengenai persiapan dokumen, sehingga memudahkan saya dalam pengurusannya. Terima kasih juga kepada Ibu Rektor yang telah memberikan rekomendasi kepada saya. Terima kasih atas segala bantuan dan dukungan dari Itenas, semoga Allah membalas dengan segala kebaikan”, ungkapnya.

Selain itu juga, Nada menyampaikan bahwa segala prosesnya berkat dukungan dan doa dari keluarga.

Acra kemudian dilanjutkan dengan penyerahan varsity jacket secara simbolis yang disematkan oleh Rektor Itenas kepada Nada.

“Untuk mahasiswa yang ingin mengikuti program IISMA kedepannya, persiapkan diri sebaik-baiknya, banyak membaca, dan pertahankan IPK karena menjadi salah satu syarat, dan yang terpenting siapkan mental karena saingannya ketat”, pungkas Nada. Taufik/Humas.

Link : Foto Kegiatan

 

Pelepasan Peserta Program Indonesian International Student Mobility Award 2021: 4 Mahasiswa Itenas Bandung Siap Belajar di Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published.